Dinas Kesehatan Kabupaten Tapanuli Utara bekerjasama dengan Balai Pelatihan Kesehatan Provinsi Sumatera Utara melaksanakan Pelatihan Manajemen Puskesmas


Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) sebagai salah satu jenis fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama memiliki peran penting dalam sistem kesehatan nasional, khususnya sub sistem upaya kesehatan. Puskesmas adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat (UKM) dan upaya kesehatan perorangan (UKP) tingkat pertama, dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif, untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya di wilayah kerjanya.
​​Puskesmas mempunyai tugas melaksanakan kebijakan kesehatan untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya dalam rangka mendukung terwujudnya kecamatan sehat. Untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan tersebut, Puskesmas mengintegrasikan program yang dilaksanakan dengan pendekatan keluarga. Keberhasilan pelaksanaan tugas Puskesmas sangat tergantung kepada pengelolaan Puskesmas. Oleh sebab itu, pada Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat, ditetapkan bahwa pengangkatan Kepala Puskesmas memenuhi persyaratan telah mengikuti pelatihan manajemen Puskesmas. Dengan kompetensi tersebut, kepala Puskesmas sebagai penanggungjawab pelaksanaan kebijakan pembangunan kesehatan dengan fokus pendekatan keluarga; diharapkan mampu memahami prinsip dan konsep pembangunan kesehatan serta tatakelola pelayanan kesehatan dengan prinsip- prinsip manajemen yang baik sehingga dapat menyelenggarakan Puskesmas yang sejalan dengan perubahan dan perkembangan konsep dari tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) dalam rangka mewujudkan Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga.
​​Dengan demikian diharapkan Puskesmas dapat mencapai tujuan pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya melalui integrasi program yang dilaksanakan dengan pendekatan keluarga.

Dinas Kesehatan Kabupaten Tapanuli Utara bekerjasama dengan Balai Pelatihan Kesehatan Provinsi Sumatera Utara melaksanakan Pelatihan Manajemen Puskesmas.

Pelatihan Manajemen Puskesmas (MP) ini dilaksanakan dengan Metode Blended dimulai dari tanggal 04 September s/d 15 September 2023. Peserta pelatihan berasal dari lingkup Dinas Kesehatan Kabupaten Tapanuli Utara, berjumlah 29 Orang.