UPTD Puskesmas Sitada Tada

Visi Puskesmas Sitadatada

“ Menjadi Puskesmas Dengan Pelayanan Prima, Menuju Masyarakat Yang Sehat Di Wilayah Puskesmas Sitadatada”

Misi Puskesmas Sitadatada :

  • Memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu, mudah cepat dan tepat
  • Menyelenggarakan pelayanan administrasi dan manajemen yang berkualitas
  • Meningkatkan pemberdayaan dan peran aktif masyarakat dalam pembangunan bidang kesehatan.

Motto Puskesmas Sitadatada

Melayani Dengan Hati Karena Anda Begitu Berharga ”

 

Tata Nilai Puskesmas Sitadatada

  • Profesionalisme yaitu pelayanan yang diberikan harus professional yang dilakukan oleh tenaga yang berkompeten sesuai dengan profesinya.
  • Unggul yaitu pelayanan yang diberikan harus unggul dalam pemebrian pelayanan
  • Santun, yaitu santun dalam memeberikan pelayanan
  • Komitmen, yaitu setiap pegawai harus berkomitmen tinggi untuk memberikan pelayanan yang terbaik
  • Etika, setiap pegawai beretika yang baik dalam berorganisasi dan memberikan pelayanan kepada masyarakat
  • Semangat, yaitu setiap pegawai memiliki semangat yang tinggi dan memiliki motivasi untuk maju
  • Manusia, yaitu pegawai dalam memberikan pelayanan menjungjung tinggi nilai kemanusiaan
  • Asuh, yaitu dalam pelayanan memberikan pola asuh yang baik
  • Simpati yaitu pegawai menimbulkan rasa simpatik sehingga meningkatkan minat masyarakat untuk tetap datang berobat ke Puskesmas
  • Jenis Pelayanan Puskesmas Sitadatada

Pelayanan Upaya Kesehatan Perorangan

  1. Pelayanan Pemeriksaan Umum :
  • Pelayanan Kesehatan Umum
  • Rujukan (Sesuai Indikasi Medis)
  • Pelayanan Visum
  1. Pelayanan Kesehatan Ibu, Anak (KIA) KB Dan Imunisasi
  • Pelayanan Ibu Hamil (ANC Terpadu)
  • Pelayanan Ibu Nifas (Pasca Persalinan)
  • Pelayanan Calon Pengantin
  • Pelayanan KB
  • Pelayanan Imunisasi
  • Pelayanan Manajemen Terpadu Balita Sakit
  • Pelayanan IVA Test
  • Konseling ASI
  1. Pelayanan Kesehatan Gigi Dan Mulut
  2. Pelayanan Laboratorium
  3. Pelayanan Administrasi (Surat Keterangan Sakit, Berbadan Sehat,Keterangan Kelahiran dan keterangan kematian)

Pelayanan Upaya Kesehatan Masyarakat

  1. Pelayanan Promosi Kesehatan
  2. Pelayanan Kesehatan Lingkungan
  3. Pelayanan KIA bersifat UKM
  4. Pelayanan Gizi bersifar UKM
  5. Pelayanan Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit
  6. Pelayanan Kesehatan Jiwa
  7. Pelayanan Keperawatan Kesehatan Masyarakat
  8. Pelayanan Kesehatan Lansia

Kegiatan-Kegiatan Puskesmas Sitadatada

Peningkatan Kapasitas Kader Kesehatan

 Refressing kader puskesmas sitadatada diikuti oleh kader 6 desa.

  • Refressing kader dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader tentang kegiatan promotif serta preventif di posyandu.
  • Dimana posyandu merupakan bentuk peran serta masyarakat di bidang kesehatan yang dikelola kader dengan sasaran seluruh anggota masyarakat

 

Posyandu Balita

 

Kelas Ibu Hamil

  • Kelas ibu hamil dilaksanakan setiap rabu minggu pertama tiap bulannya untuk Pustu Pagarbatu dan setiap kamis minggu pertama tiap bulannya di Pustu Hutaraja.
  • Kegiatan yang dilakukan yaitu pemeriksaan kesehatan, senam ibu hamil, penyuluhan serta pemeriksaan laboratorium (Sifilis, Hb, Hepatitis, dan HIV)

 

Pelayanan Kesehatan Calon Pengantin

 Pelayanan kesehatan catin dilakukan setiap harinya.

  • Kegiatan yang dilakukan meliputi konseling pranikah, pemeriksaan laboratorium (Sifilis, Hb, Hepatitis, dan Hiv), imunisasi tt, serta pemberian tablet TTD

 

Pelayanan KB

                   

Penanganan Covid 19

Puskesmas Sitadatada aktif dalam melakukan 3t yaitu testing, tracing dan treatment dalam rangka penanggulangan Covid 19

Vaksinasi Covid 19