Pelaksanaan Senam Bersama Masyarakat pada Acara Car Free Day (CFD) di Tarutung


Sesuai dengan Surat Edaran Bupati Tapanuli Utara Nomor 550/0046/24/I/2023 tentang Hari Bebas Berkendaraan Motor (CFD) di Kota Tarutung, maka salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah olahraga senam yang dipusatkan di sekitar taman kota depan Sopo Partungkoan Tarutung.

Sejalan dengan itu, pada Minggu, 27 Agustus 2023 sekitar pukul 06.00 pagi, Dinas Kesehatan menjadi penanggung jawab pelaksanaan Car Free Day (CFD) berupa senam bersama dengan masyarakat.

Senam merupakan salah satu di antara berbagai cabang olahraga yang menggunakan berbagai gerakan tubuh. Dalam kegiatan senam, dibutuhkan kecepatan, kekuatan, serta keserasian dalam gerakan fisik. 

Gerakan-gerakan senam pagi bermanfaat untuk melatih otot-otot pada tubuh, melancarkan peredaran darah sehingga lebih sehat dan segar. Paparan sinar matahari pagi juga bagus bagi tubuh karena kandungan vitamin D alaminya. Jika tubuh sehat dan bugar secara fisik, maka kemampuan konsentrasi juga akan meningkat. Senam juga dapat memperkuat tulang, membantu menormalkan aliran darah dan melatih urat saraf yang kaku serta meningkatkan kesehatan jantung dan stamina tubuh. Olahraga ini juga bisa menjaga fungsi otak, mencegah pikun, juga bisa mengurangi stress dan membuat lebih bahagia karena dengan kita melakukan gerakan senam maka tubuh akan melepaskan hormon endorphine.